Rapat Sosialisasi Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD)

  • Admin Bappeda
  • 17 Pebruari 2021

Rabu (17/02/2021) bertempat di ruang rapat unit IV Kantor Bupati Buleleng dilaksankan Sosialisasi Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD).
Pertemuan dipimpin dan lanjut dibuka oleh Ibu Asisten II Setda Kabupaten Buleleng didampingi Kabag Ekbang dan dihadiri perwakilan dari Inspektorat, Bappeda dan BPKPD.
Dalam Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Pemprov Bali yaitu dari Badan Riset dan Inovasi Daerah. Lebih lanjut dipaparkan bahwa telah terbit Permendagri No. 19 Tahun 2020 tentang Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah) yg mengamanatkan perlunya dilakukan pengukuran indeks pengelolaan keuangan daerah untuk menilai kinerja tata kelola keuangan daerah.
IPKD diukur melalui 6 dimensi yaitu
​Kesesuaian dokumen perencanaan dan penganggaran (bobot 15)
​Pengalokasian anggaran belanja dalam APBD (bobot 20)
​Transparansi pengelolaan keuangan daerah (bobot 15)
​Penyerapan anggaran (bobot 20)
​Kondisi keuangan daerah (bobot 15) dan
​Opini BPK atas LKPD (bobot 15)

Kewenangan pengukuran IPKD provinsi dilakukan oleh Mendagri melalui Kepala Badan Litbang Kemendagri sedangkan pengukuran IPKD Kab/kota dilakukan oleh Gubernur melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali.
Tahun ini akan dilakukan pengukuran IPKD pelaksnaan Tahun 2018, 2019, dan 2020.
Hasil pengukuran akan dilakukan penilaian untuk menentukan peringkat, baik pada tingkat provinsi maupun nasional. Penghargaan untuk penilaian terbaik tingkat nasional akan diumumkan pada bulan Agustus oleh Mendagri dan akan djadikan dasar dalam memberikan dana insentif daerah.
Dalam rangka pengukuran IPKD Kabupaten Buleleng oleh pihak provinsi, Bappeda diminta untuk menyiapkan dokumen :
​RPJMD
​RKPD 2018, 2019 dan 2020 induk dan perubahan
​KUA/PPAS 2018 dan 2019
​KUPA/PPASP 2018 dan 2019
dikumpulkan di Bag Ekbang sebagai koordinator di Kabupaten Buleleng dan selanjutnya dikirim ke Badan Riset dan Inovasi Daerah Prov Bali

Share Post :