Vidcon Sosialisasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 Tingkat Kabupaten dan Kota

  • Admin Bappeda
  • 21 Januari 2021

Menindaklanjuti Surat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor 0319/D.9/01/2021 Tanggal 13 Jaunari 2021 Perihal Sosialisasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 Tingkat Kabupaten dan Kota. Bappeda Kabupaten Buleleng mengikuti secara Virtual kegiatan tersebut yang diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (Gede Sumartana). Sosialisasi ini diikuti oleh Bappeda Provinsi, Kabupaten/Kota se Indonesia.

Penghargaan pembangunan daerah merupakan kegiatan tahunan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang dikoordinasikan oleh Deputi Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah daerah tingkat provinsi, kabupaten dan kota yang menunjukkan kinerja baik dalam perencanaan dan pencapaian pembangunan daerah. 

Penyelenggaraan kegiatan PPD Tahun 2021 berbeda ditengah Pandemi Covid-19, terdapat beberapa fitur tambahan dalam pelaksanaan PPD Tahun 2021 meliputi :

1. Digital Evaluation System.

Penguatan sistem penilaian menggunakan aplikasi web-based untuk Tahap I (Penilaian Dokumen), Tahap II (Presentasi dan Wawancara) serta Tahap III (Verifikasi secara virtual).

2. Balanced-Grouped-Evaluators.

Pengelompokan Tim Penilai Independen (TPI) berdasarkan keseimbangan komposisi keahlian melalui penambahan di bidang lingkungan, jurnalistik, inovasi, LSM, dan perencanaan pembangunan untuk tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

3. Environment Friendly.

Penilaian yang lebih komprehensif dengan menambahkan item penilaian indikator lingkungan hidup terkait komitmen Pemda dalam pelaporan rencana aksi mitigasi penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

4. Covid-19 Sensitive Response.

Penilaian yang lebih komprehensif dan adaptif dengan penambahan item penilaian terkait kebijakan Pemerintah Daerah untuk penanganan COVID-19 dalam perenecanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

Untuk tahapan awal penilaian PPD beberapa dokumen yang harus daerah sampaikan antara lain :

1. Dokumen RKPD Provinsi Tahun 2020 (Perubahan) dan Tahun 2021 yang telah disahkan;

2. Dokumen RPJMD Provinsi yang masih berlaku dan telah disahkan;

3. Dokumen Inovasi daerah

4. Kuesioner Informasi Pembangunan Daerah

5. Surat pernyataan yang ditandatangani oleh Kepala Daerah atau yang mewakili yang menyatakan bahwa dokumen tersebut sesuai dengan yang diinformasikan kepada publik

Share Post :