(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Sambutan WaBup Sutjidra Saat Pelaksanaan Rakor Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Buleleng Tahun 2021

Admin bappeda | 06 Desember 2021 | 510 kali

Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra Sp.OG berkesempatan membuka rapat koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Buleleng Tahun 2021 di Gedung Unit IV Setda Buleleng Senin, 6 Desember 2021. Dalam kesempatan ini WaBup Sutjidra yang hadir mewakili Bupati Buleleng tersebut menyampaikan bahwa Kabupaten Buleleng memiliki jumlah penduduk terbesar dan wilayah terluas di Provinsi Bali. Hal ini menjadi tantangan dan juga peluang dalam pelaksanaan akselarasi pembangunan daerah. Untuk itu, mengingat begitu kompleksnya permasalahan dalam penanggulangan kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Buleleng telah dan terus menempatkan penanggulangan kemiskinan sebagai salah satu  prioritas pembangunan daerah. Untuk itu dalam setiap penyusunan perencanaan dan penganggaran senantiasa mengedepankan keberpihakan pada program-program penanggulangan kemiskinan. Alokasi anggaran untuk program penanggulangan kemiskinan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir cendrung mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Disampaikan pula, menurut data yang dikeluarkan oleh BPS, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Buleleng secara komulatif mengalami penurunan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir. Pada tahun 2016, tingkat kemiskinan Kabupaten Buleleng sebesar 5,79%, sedangkan pada tahun 2020, tingkat kemiskinan kita turun menjadi 5,32%. Menurunnya tingkat kemiskinan mengandung arti bahwa kesejahteraan masyarakat kita telah meningkat.

Selanjutnya dikatakan bahwa program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan tidak akan efektif kalau dilaksanakan secara parsial. Program dan kegiatan haruslah dilaksanakan secara simultan, terintegrasi dan terfokus, serta didukung oleh data yang valid dan akurat. Strategi pendekatan makro dan mikro yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan penduduk miskin hendaknya berjalan sinergis guna mempercepat menanggulangi kemiskinan.  Peningkatan aksebilitas pendidikan, kesehatan, infrastruktur jalan, irigasi dan sanitasi pada kawasan perdesaan dan perkotaan telah kita laksanakan dengan dukungan berbagai pihak. Demikian pula dengan program perlindungan sosial, penguatan pemberdayaan masyarakat, pengembangan usaha ekonomi mikro yang diarahkan bagi penduduk miskin, juga telah dilaksanakan secara berkelanjutan. Kita menyadari sepenuhnya bahwa berbagai upaya yang telah kita laksanakan tidak akan membuahkan hasil maksimal tanpa dukungan semua pihak.   Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Buleleng senantiasa mendorong dan mengarahkan agar program percepatan penanggulangan kemiskinan dapat berjalan dengan efektif dan tepat sasaran.