(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Pemerintah Kabupaten Buleleng Menggelar Upacara Memperingati Hari Bela Negara (HBN) Tahun 2023

Admin bappeda | 19 Desember 2023 | 403 kali

Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara (HBN) Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Buleleng menggelar upacara.
HBN merupakan salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dalam rangka menjaga kedaulatan, keselamatan dan keutuhan negara. Upaya bela negara adalah kewajiban dasar manusia dalam mengabdikan diri kepada negara sebagaimana diamanatkan dalam UUD RI Tahun 1945.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Putu Ayu Reika Nurhaeni, S.Sos., M.A.P., bersama jajaran hadir dalam kegiatan tersebut.
Upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Buleleng, Selasa (19/12/2023) mengusung tema “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju".
Bertindak selaku Inspektur Upacara Penjabat Bupati Buleleng, Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A., hadir dalam upacara tersebut, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf ahli, para Pimpinan OPD, Kabag Setda, Camat, dengan peserta upacara yang berasal dari unsur TNI/Polri , ASN di lingkup Pemerintahan Kabupaten Buleleng dan siswa.
Penjabat Bupati Buleleng dalam sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
"Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari -hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara". Ucap Pj. Bupati Buleleng dalam amanat tertulis Presiden RI.