(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Secara Virtual Bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI

Admin bappeda | 08 Januari 2024 | 331 kali

Pagi ini, Senin (8/1/2024) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Reika Nurhaeni yang tergabung didalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Buleleng kembali mengikuti rapat koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI H. Tito Karnavian.
Kegiatan zoom tersebut dihadiri oleh Penjabat Bupati Buleleng didampingi oleh TPID Kabupaten Buleleng dari jajaran pemerintah daerah dan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Buleleng di Ruang rapat Lobby Kantor Bupati Buleleng.
Rapat ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengatasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat inflasi dari suatu daerah.

Dalam paparannya Tito Karnavian menyerukan kepada seluruh perangkat daerah untuk selalu mengevaluasi pertumbuhan ekonomi daerahnya masing-masing dan selalu melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna menjaga stabilitas harga.
Menteri Tito Karnavian juga menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini dalam kondisi baik yaitu menyentuh pada angka 4,94% dan untuk di Bali sendiri, dinilai dalam kondisi baik pemulihan ekonominya khususnya dari sektor pariwisata.
Sejalan dengan itu, inflasi nasional pada bulan Desember 2023 mengalami penurunan dari Nopember 2023 yaitu sebesar 2,61% yang didominasi oleh makanan, minuman dan tembakau karena efek dari Nataru.