(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kegiatan Pembangunan Daerah Triwulan III Tahun Anggaran 2023

Admin bappeda | 30 Oktober 2023 | 691 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kegiatan Pembangunan Daerah Triwulan III Tahun Anggaran 2023 di Ruang Rapat utama Kantor Bappeda, Senin (30/10/23).
Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng, Putu Ayu Reika Nurhaeni, S.Sos., M.A.P., menjelaskan rapat evaluasi ini dimaksudkan untuk mengkoordinasikan pengendalian dan evaluasi pelaksana program dan kegiatan pembangunan antara seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng serta untuk meningkatkan pengawasan dan penilaian terhadap pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan berdasarkan dokumen perencanaan dan penganggaran serta memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaannya, terang Ka. Badan dihadapan Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd., dan para pimpinan Perangkat Daerah dan camat.
Reika Nurhaeni menambahkan, secara keseluruhan kegiatan pembangunan Kabupaten Buleleng TA 2023 pada triwulan III dengan sumber dana APBD sebesar Rp2,270 Trilyun lebih, telah terealisasi sebesar Rp1,442 Trilyun lebih atau 62,67%, dan realisasi keuangan sebesar 62,67 %. Sedangkan untuk Capaian Kinerja Keluaran (output/outcome) mencapai 75,50%. Sementara Total DAK non fisik, Pagu sebesar Rp303,7 Milyar lebih telah terealisasi sebesar Rp171,2 Milyar lebih atau 57,44% dimana realisasi Fisik mencapai 59,25%
Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd , ketika membuka secara resmi rapat evaluasi ini mengatakan, rapat ini memainkan peranan yang penting dalam tahapan pelaksanaan pembangunan, karena melalui kegiatan ini kita dapat mengkaji kesesuaian kegiatan yang dilakukan dan perencanaan yang telah disusun. Rapat evaluasi yang kita lakukan saat ini merupakan salah satu bagian dari upaya pengendalian dan evaluasi program kegiatan pembangunan yang kita laksanakan di tahun 2023 ini. ungkapnya.
Sekda Buleleng menghimbau kepada para pimpinan Perangkat Daerah dan camat untuk senantiasa melakukan pencermatan dan penyesuaian dalam rangka optimalisasi pemenuhan indikator kinerja masing-masing Perangkat Daerah. Untuk Perangkat Daerah dalam Kriteria Kinerja Sedang dan Rendah, diharapkan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala, guna memastikan pelaksanaan program kegiatan agar dapat berjalan lebih maksimal, sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan Perangkat Daerah, serta membangun komitmen bersama baik strategi maupun langkah langkah kongkrit, untuk optimalisasi pencapaian target kinerja guna percepatan pelaksanaan program kegiatan, mengingat waktu efektif pelaksanaan program kegiatan pada tahun 2023 kurang dari 3 bulan.
Dapat diinformasikan bahwa hasil pemantaun potret capaian s/d Triwulan III Tahun 2023 berdasarkan kondisi capaian per tanggal 30 September 2023, pada kriteria penilaian dari 40 SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng SKPD yang kriteria total capaian kinerjanya Sangat Tinggi terdapat 4 SKPD, pada Kriteria Tinggi terdapat 14 SKPD, pada Kriteria Sedang terdapat 18 SKPD, pada Kriteria Rendah terdapat 4 SKPD dan Tidak Terdapat SKPD pada Kriteria Sangat Rendah.