(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Pelaksanaan Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) & Quick Win Program Unggulan Tahap IV

Admin bappeda | 04 Oktober 2023 | 77 kali

Berdasarkan seleksi assessment gerakan menuju Smart City, Kabupaten Buleleng terpilih sebagai salah satu daerah yang menerapkan Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Dalam Penyusunan yang dilaksanakan selama 4 tahap yang di mulai pada bulan juli 2023 lalu maka pada hari ini, Rabu 4 Oktober 2023 memasuki Finalisasi/tahap akhir dari Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Buleleng. Pelaksanaan Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) & Quick Win Program Unggulan Tahap IV ini berlangsung di Hotel Banyualit Spa’ n Resort yang diikuti masing-masing dari perwakilan OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng.
Sebagai akhir dari rangkaian bimbingan teknis penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Buleleng, telah dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama menuju Buleleng Smart City. Penandatanganan Komitmen Bersama diawali Penjabat Bupati Buleleng, Sekretaris Daerah, diikuti anggota Dewan Smart City. Adapun anggota Dewan Smart City meliputi: Pj. Bupati, Sekda, Asisten Sekda, Kepala OPD, serta Camat. Penandatanganan langsung juga dilakukan oleh Kepala Bappeda Buleleng yang juga sebagai Sekretaris Dewan Smart City Kabupaten Buleleng Putu Ayu Reika Nurhaeni, S.Sos., M.A.P.
Penjabat Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A., pada kegiatan tersebut mengatakan dengan menerapkan konsep Kota Cerdas (Smart City) maka semua layanan dalam bentuk administrasi, infrastruktur, sampai dengan pembangunan model berkelanjutan yang ramah lingkungan dapat dijadikan solusi dalam pengendalian berbagai permasalahan di Buleleng. Beliau juga menambahkan bahwa telah dirumuskan visi dan misi Smart City Kabupaten Buleleng yang sejalan dengan visi dan misi pembangunan daerah yaitu “Buleleng Cerdas Menuju Kerta Raharja Berlandaskan Tri Hita Karana” . yang mempunyai makna masyarakat Buleleng yang unggul dalam pengetahuan dan memimilki tatanan kehidupan yang sejahtera serta harmonis.
Sementara itu, Kepala Bappeda Buleleng selaku Sekretaris Dewan Smart City Kabupaten Buleleng menyampaikan dari hasil Bimtek sebelumnya telah dilakukan finalisasi peta jalan, rencana aksi dan penetapan Quick Win dari masing-masing dimensi yang berasal dari inovasi jangka pendek pada peta jalan. Dimana Quick Win ini merupakan solusi terhadap kebutuhan atau penyelesaian permasalahan yang ada dimasyarakat. Terdapat inovasi pada masing-masing dimensi yang menjadi program unggulan Smart City Buleleng yaitu Smart Governance (Aplikasi Aku Online - Dukcapil Buleleng), Smart Society (Posko Do - Disdikpora Buleleng, Smart Branding (Visiting Buleleng - Dispar Buleleng), Smart Economy (PLUT UMKM - DisdagperinkopUKM Buleleng), Smart Living ( Jas Bule Gratis-Dishub Buleleng), dan Smart Enviroment (Bulan Melah - DLH Buleleng).