(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Pemerintah Kabupaten Buleleng Menggelar Musrenbang Tingkat Kecamatan tahun 2024. Bertemakan "Peningkatan Produktivitas Untuk Penguatan Daya Saing Daerah"

Admin bappeda | 16 Februari 2024 | 72 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Buleleng Tahun 2025 yang berlangsung serentak ditiga Kecamatan yakni Kecamatan Buleleng, Kecamatan Seririt, dan Kecamatan Tejakula, Jumat (16/02/2024).
Pelaksanaan Musrenbang ini merupakan hari pertama Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam melaksanakan Musrenbang Tingkat Kecamatan tahun 2024.
Untuk Kecamatan Buleleng kegiatan dipusatkan di Wantilan Pura Segara Pantai Happy Desa Tukadmungga, untuk Kecamatan Seririt pelaksanaan Musrenbang dipusatkan di Balai Desa Umeanyar, sedangkan untuk Kecamatan Tejakula berlokasi di Gedung Serbaguna Winangun Yowana, Banjar dinas Antasari Desa Pacung.
Untuk diketahui Musrenbang Kecamatan ini merupakan Musrenbang lanjutan yang sebelumnya telah dimulai dari tingkat Desa/kelurahan. Selanjutnya akan dilakukan Musrenbang di tingkat Kabupaten, Kemudian naik lagi ke tingkat Provinsi dan terakhir di tingkat Nasional.
Pelaksanaan hari pertama Musrenbang Kecamatan untuk Penyusunan RKPD Kabupaten Buleleng Tahun 2025 diawali dengan penyampaian laporan Tim Pelaksanaan Musrenbang oleh Camat dimasing-masing Kecamatan, kemudian dilanjutkan Sambutan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang dalam kesempatan ini dibacakan oleh Sekretaris Bappeda, Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi serta Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia.
Dengan mengangkat tema "Peningkatan Produktivitas Untuk Penguatan Daya Saing Daerah", merujuk pada tema tersebut Pemkab Buleleng menetapkan delapan (???? skala prioritas pembangunan yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan perekonomian daerah berbasis potensi unggulan, peningkatan infrastruktur, penurunan kemiskinan dan peningkatan perlindungan sosial, pemantapan stabilitas keamanan dan kenyamanan masyarakat, pelestarian adat dan budaya lokal, peningkatan kualitas lingkungan hidup, dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien.
Musrenbang ini menjadi momen khusus bagi masyarakat untuk menyampaikan berbagai usulan rencana pembangunan yang menjadi skala prioritas bagi Pemerintah kedepan. Setiap usulan dalam Musrenbang yang disampaikan masyarakat dari masing-masing Desa di setiap Kecamatan akan dihimpun dan didiskusikan bersama, untuk memilih dan menentukan usulan mana yang masuk dalam prioritas pembangunan ditahun 2025. Nantinya hasil Musrenbang ini akan dituangkan ke dalam berita acara yang ditandatangani oleh seluruh Perbekel di masing-masing Kecamatan.
Dengan demikan diharapkan dengan adanya musyawarah ini, mampu mendapatkan masukan kegiatan prioritas dari desa serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa di kecamatan dalam rangka mendukung program prioritas pembangunan Kabupaten di wilayah kecamatan.
Hadir dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan ini, pembahas materi dari unsur Bappeda, perwakilan Perangkat Daerah. Kegiatan ini juga menghadirkan kepala desa/perbekel, tokoh-tokoh masyarakat, serta berbagai pihak yang antusias dalam menyalurkan aspirasinya.