(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Hari ke-2 pelaksanaan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kegiatan Pembangunan Daerah Kabupaten Buleleng Semester I Tahun 2022.

Admin bappeda | 15 Juli 2022 | 45 kali

Jumat (15/07) berlangsung hari ke-2 pelaksanaan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kegiatan Pembangunan Daerah Kabupaten Buleleng Semester I Tahun 2022. Sebelumnya pada hari pertama dibuka kamis kemarin oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST di Handara Golf & Resort. Masih ditempat yang sama, acara hari ini diawali dengan penyampaian arahan yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Buleleng IB Suadnyana,SH., M.Si yang dalam hal ini mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng.
Pada rapat evaluasi ini dipaparkan terebih dahulu oleh Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng Putu Ayu Reika Nurhaeni,S.Sos., M.A.P. dengan disaksikan oleh para Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng, Ibu Reika menyampaikan bahwasannya ada 4 tujuan pelaksanaan rapat evaluasi ini, yang pertama adalah memberikan informasi potret capaian pelaksanaan program kegiatan Pembangunan Daerah Tahun 2022; (berdasarkan laporan SKPD per tanggal 30 Juni 2022); Kedua, melakukan pemantauan progres pelaksanaan sekaligus melakukan penilaian rata-rata capaian kinerja dan predikat kinerja pada SKPD s/d Triwulan II (Semester I) Tahun 2022; Ketiga, mengidentifikasi permasalahan pada setiap Bidang Urusan/SKPD (faktor penghambat keberhasilan) yang timbul dalam pelaksanaan Program Kegiatan Pembangunan Daerah pada Tahun 2022; dan yang keempat adalah sebagai bahan data dasar sekaligus menjadi bahan pertimbangan, di dalam penyusunan Rancangan Akhir RKPD Perubahan Tahun 2022.

Kepala Bappeda juga menyebutkan bahwa berdasarkan potret capaian pelaksanaan program kegiatan pembangunan daerah sampai dengan semester 1 tahun 2022 ini secara keseluruhan progres realisasi fisik dan keuangan per semester I Tahun 2022 yakni fisik sebanyak 51,49% dan keuangan sebanyak 34,82%. Untuk sampai Juni 2022 realisasi keuangan di Pemerintah Kabupaten Buleleng sudah bagus. Dari 40 SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng, dapat disimpulkan tidak terdapat SKPD dalam kriteria penilaian realisasi kinerja rendah dan sangat rendah. Secara menyeluruh, capaian kinerja (output/outcome) pada SKPD sudah menunjukkan kinerja yang cukup baik, namun dalam hal penyerapan kinerja anggaran masih perlu dioptimalkan kembali.
Sesuai schedule/jadwal, hari ini diadakan presentasi/paparan yang akan disampaikan oleh Narasumber dari KPPN Singaraja, BPKPD, BPBJ, Dinas Penanaman Modal, Dinas Sosial dan Kecamatan Tejakula.