(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Forum Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Kabupaten Buleleng Tahun 2025.

Admin bappeda | 05 April 2024 | 54 kali

Salah satu tahapan dalam penyelenggaraan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Buleleng tahun 2025 adalah Forum Pembahasan tingkat pimpinan yang dikemas dalam bentuk Forum gabungan Perangkat Daerah.
Setelah melewati serangkaian tahapan, Forum ini merupakan tahap lanjutan dari rapat orientasi RKPD, Forum Konsultasi Publik, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD di tingkat kecamatan, Forum perangkat daerah yang telah dilaksanakan di masing-masing Perangkat Daerah, serta Musrenbang RKPD yang sudah terlaksana pekan lalu.
Forum pembahasan tingkat pimpinan dalam bentuk Forum gabungan Perangkat Daerah pada hari ini bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan daerah tahun 2025, mempertajam indicator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah dalam rangka mengoptimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan kebutuhan dana hasil pembahasan prioritas tahun 2025 untuk masing-masing perangkat daerah di Kabupaten Buleleng.
Bertempat di ruang rapat utama, jumat pagi 5 April 2024. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Buleleng kembali melakukan proses/tahapan penyusun RKPD dengan menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Kabupaten Buleleng Tahun 2025.
Dihadiri oleh seluruh unsur perangkat daerah, forum diawali dengan laporan Kepala Bappeda Putu Ayu Reika Nurhaeni, S.Sos., M.A.P., Dalam laporannya beliau menyampaikan bahwa dengan diadakannya Forum ini dapat menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, dimana hasil dari forum ini nantinya akan menjadi bahan penyempurnaan dalam dokumen Rancangan RKPD Kab Buleleng Tahun 2025.
Selanjutnya sambutan/arahan dari Penjabat Bupati Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Gede Suyasa, M.Pd., sekaligus membuka acara ini. Dalam arahannya beliau menekankan bahwa berbagai isu strategis yang harus diantisipasi dalam proses perencanaan untuk pembangunan daerah tahun 2025 antara lain adalah antisipasi terhadap Dana Alokasi Umum atau DAU yang ditentukan penggunaannya, pemenuhan pencapaian standar pelayanan minimal atau SPM, penurunan angka kemiskinan, stunting dan inflasi serta antisipasi bencana alam, pengurangan kesenjangan serta penanganan pertanian dari hulu sampai ke hilir. Berbagai isu strategis tersebut perlu diantisipasi oleh seluruh perangkat daerah termasuk kecamatan agar proses pembangunan di Kabupaten Buleleng dapat berjalan dengan lancar dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat. Berbagai poin penting yang harus diperhatikan yaitu penyusunan Renja tahun 2025 berpedoman pada RPD dan Renstra tahun 2023-2026, program dan kegiatan yang disusun pada Renja tahun 2025 harus menjawab berbagai permasalahan serta isu strategis pembangunan, selain itu, Renja tahun 2025 mendukung prioritas pembangunan pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten Buleleng.
Setelah laporan dari Kepala Bappeda dan arahan Sekda Buleleng, acara dilanjutkan dengan paparan dari Perangkat Daerah yang telah dipilih secara acak dengan dimoderatori oleh Pelaksana tugas Asisten Administrasi Umum Setda Buleleng, Drs. Made Supartawan, MM., serta diskusi dan tanya jawab dengan perserta. Sebagai penutup acara, dilakukan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Forum gabungan Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Kabupaten Buleleng Tahun 2025.