(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Gerakan Nasional Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024

Admin bappeda | 01 Agustus 2024 | 342 kali

Menteri Dalam Negeri melalui Surat Nomor 400.10.1.1/2152/SJ mencanangkan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih tahun 2024, yang dimaksudkan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia.
Bendera merah putih dipandang sebagai identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia. Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih tahun 2024 dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni hingga 17 Agustus 2024, seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia sudah mulai melaksanakan gerakan ini, diawali dengan deklarasi atau pencanangan oleh Kepala Daerah masing-masing yang melibatkan seluruh komponen masyarakat di wilayahnya.
Untuk Kabupaten Buleleng, dari data dilapangan mulai 1 Juni hingga saat ini 1 Agustus 2024 telah terkumpul sejumlah 10.078 bendera merah putih. Pelaksanaan kegiatan gerakan pembagian bendera merah putih tahun 2024 di adakan secara simbolik di Loby Atiti Wisma Kantor Bupati Buleleng.
Pelaksanaan kegiatan diawali dengan penyerahan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Buleleng, Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A., kepada beberapa pimpinan SKPD dan Camat Se-Kabupaten Buleleng.
Dalam sambutannya,Pj. Bupati Buleleng mengatakan, kegiatan pembagian bendera merah putih kepada masyarakat adalah simbol kebanggaan sebagai warga negara Indonesia . Melalui gerakan ini, beliau berharap mampu mengingatkan kepada kita semua tentang arti perjuangan sebuah bangsa untuk merdeka serta pentingnya menjaga persatuan dan keutuhan bangsa itu sendiri. Beliaupun mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Buleleng untuk selalu bangun kebersamaan, menjaga kerukunan, mengedepankan sikap toleransi atas keberagaman, demi terciptanya kondusifitas wilayah dan stabilitas daerah, khususnya menjelang pelaksanaan pemilukada serentak nasional pada tanggal 27 november 2024 mendatang.
Selain pembagian bendera, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pengibaran bendera di Halaman depan Kantor Bupati Buleleng yang diikuti oleh Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng. Turut hadir pada kegiatan ini Forkompimda, para pimpinan OPD dan BUMD lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng.