(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

BAPPEDA LITBANG HADIRI KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RKPD PROVINSI BALI TAHUN 2019

Admin bappeda | 15 Februari 2018 | 575 kali

Acara yang sedianya berlangsung di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali di Denpasar, pada Rabu pagi kemarin (14/02) dialihkan tempat pelaksanaannya ke Ruang Rapat Jempiring Bappeda Litbang Provinsi Bali. Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal "Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)" Provinsi Bali Tahun 2019 ini dihadiri oleh seluruh stakeholder pembangunan daerah Provinsi Bali, termasuk unsur akademisi, media massa, ormas, LSM, jajaran ASN pemkab/pemkot se-Bali, serta pemangku kepentingan lainnya. Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng sendiri dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Bappeda Litbang Ir. Putu Gde Yasa.

Beberapa kata kunci yang mengemuka mengenai Tema RKPD atau tema pembangunan di Bali pada Tahun 2019 adalah "Gotong Royong" atau sinergitas antar pihak untuk secara bersama mengatasi segala permasalahan pembangunan yang ada di Bali, lalu juga ada kata kunci "pertumbuhan ekonomi" serta kata-kata "kualitas dan merata". Hal ini secara implisit menyampaikan bahwa Pembangunan di Provinsi Bali secara garis besar akan diarahkan pada upaya-upaya koordinasi, kolaborasi dan sinergitas yang intens antar pihak untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan merata, Pembangunan Untuk Semua, dan bukan hanya menguntungkan pihak tertentu.

Proses ini sendiri merupakan awal dari mekanisme penyusunan dokumen RKPD Provinsi Bali Tahun 2019 sebagai penjabaran tahunan dari rencana lima tahunan RPJMD Provinsi Bali pada pemerintahan yang akan datang (setelah Pilgub 2018, red). Setelah berakhirnya konsultasi publik, maka proses berikutnya akan dilanjutkan dengan Musrenbang Provinsi dan Forum Gabungan Perangkat Daerah Provinsi Bali