(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

BUPATI BULELENG PUTU AGUS SURADNYANA BUKA BULELENG ENDEK CARNAVAL (BEC) DAN PAWAI PEMBANGUNAN 2018 DENGAN SAMBUTAN SINGKAT

Admin bappeda | 06 Agustus 2018 | 400 kali

Buleleng Endek Carnaval dan Pawai Pembangunan tahun 2018 dibuka oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Minggu (5/8/2018). Ajang bergengsi yang sudah memasuki tahun kelima penyelenggaraannya ini mengambil tema North Bali Rainbow yang artinya Pelangi Bali Utara.

Penyelenggaraan BEC ini dilaksanakan di Jalan Ngurah Rai tepatnya di depan SDN 1 Banjar Jawa. PAS datang bersama sang istri, Nyonya Aries Sujati Suradnyana,  tampak pula disana Wakil Bupati Buleleng beserta istri, Perwakilan Bupati/Wali Kota se-Provinsi Bali, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Setda Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka,MP, dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng.

Dalam sambutannya Putu Agus Suradnyana mengatakan bahwa tema Buleleng Endek Carnaval kali ini adalah ”North Bali Rainbow”. Beliau menilai bahwa tema ini sudah mengalir dari agenda besarnya Buleleng Festival yaitu “The Spirit of Pluralism”. Dapat kita nikmati bahwa warna-warni pelangi adalah warna polikromatis yang sangat indah, yang merupakan percikan dari warna putih ciptaan-Nya.

Tataran implementatifnya adalah Buleleng yang kita cintai ini memiliki potensi yang beraneka ragam, baik potensi sumber daya alam, seni budaya dan masyarakat multi etnik yang merupakan modal dasar untuk membangun menuju Buleleng Sejahtera. Produksi kain endek Buleleng dengan berbagai corak dan  motif sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu,  dengan kualitas yang tidak kalah dengan daerah lainnya.  Namun perkembangannya belum sepenuhnya sesuai harapan. Hal ini tidak terlepas dari terbatasnya diversifikasi produk serta terbatasnya promosi. Diversifikasi produk sangat penting untuk dilaksanakan. Memberikan pilihan yang bervariasi kepada konsumen, baik dari segi motif maupun dari segi harga adalah sangat signifikan. Bupati Suradnyana meyakini dengan berbagai macam motif dan corak, endek Buleleng mampu bersaing dipasaran baik itu pasar lokal, maupun nasional. Dengan demikian, Promosi harus lebih gencar dilakukan untuk memperkenalkan endek Buleleng lebih luas lagi.

Beliau juga  mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama membangun Buleleng. Kalau semua itu bisa kita eksplorasi secara optimal maka kita yakin kesejahteraan masyarakat Buleleng akan dapat ditingkatkan secara signifikan. Untuk itu, dukungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan partisipasi seluruh masyarakat sangat kami harapkan.