(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

KEPALA BAPPEDA LITBANG HADIRI DAN MENJADI NARASUMBER PADA KOORDINASI/SOSIALISASI DISAGREGASI PMTB

Admin bappeda | 04 April 2018 | 691 kali

Bertempat di Banyualit Resort 'n Spa, Lovina pada hari ini (3/04) Badan Pusat Statistik (BPS) Buleleng menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang akan dilaksanakan pada bulan April 2018 ini di Kabupaten Buleleng. Rapat ini turut dihadiri oleh jajaran SKPD lingkup Pemkab Buleleng, unsur-unsur responden seperti PHRI, Gapensi, BUMD, serta responden lainnya.

Kepala BPS Buleleng Eman Sulaeman, SST, MAP dalam sambutan yang dilanjutkan dengan paparan "Investasi Bijak Untuk Ekonomi Inklusif", menyampaikan bahwa pada dasarnya kegiatan ekonomi bertumpu pada modal/capital dan jasa. Kedua elemen tersebut merupakan input yang kemudian diproses menjadi sebuah output barang/jasa. Penyusunan Disagregasi PMTB juga dimaksudkan untuk memperoleh data yang lebih rinci berdasarkan institusi, lapangan usaha, dan jenis komoditi. Hal ini yang kemudian dapat digunakan sebagai bahan dalam penyusunan perencanaan seperti kebijakan investasi dan determinasi penguatan industri.

Sedangkan Kepala Bappeda Litbang Ir. Gde Darmaja, MSi yang membawakan materi "Investasi Dalam Pembangunan Daerah Kabupaten Buleleng" menyampaikan bahwa pembangunan daerah dilaksanakan melalui penguatan ekonomi, pengelolaan sumber daya dan good governance dengan keseimbangan tiga pilar yaitu pemerintah, swasta/ dunia usaha dan masyarakat. Sehingga Investasi sebagai salah satu faktor penggerak perekonomian Buleleng diharapkan dapat berkualitas dan merata atau inklusif, yang muaranya adalah lapangan kerja, pengurangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat dan akhirnya pada kesejahteraan masyarakat Buleleng.

Darmaja juga menegaskan betapa pentingnya ketersediaan data Disagregasi PMTB ini dalam pengambilan kebijakan pemerintah yang lebih fokus, membuka data/peluang usaha bagi pelaku bisnis, serta momentum untuk membangkitkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pembangunan daerah. Terakhir, beliau juga menghimbau agar seluruh responden mendukung terlaksananya Disagregasi PMTB ini demi data yang berkualitas, valid dan akurat.