(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

KEPALA BAPPEDA LITBANG HADIRI PERINGATAN HUT DEKRANAS KE-38 TAHUN 2018

Admin bappeda | 22 Maret 2018 | 400 kali

Bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha pada Kamis pagi (22/03) Bapak Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng Ir. Gde Dharmaja, MSi berkesempatan untuk menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-38 pada Tahun 2018. Agenda HUT Dekranas dihadiri langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST beserta ibu, Bapak Wakil Bupati dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG beserta ibu, Bapak Sekda Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP beserta ibu, serta jajaran pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemkab Buleleng.

Acara yang turut dimeriahkan dengan fashion show endek, juga disertai display berbagai produk dari UKM dan IKM di Buleleng, antara lain hasil olahan pangan keripik bunga pisang dari Desa Bulian, Roti GO dari Kelurahan Kampung Baru, kerajinan fiber dari Desa Sanggalangit dan kerajinan bokor Desa Petandakan. Sementara itu, dalam laporannya Kadis Perdagangan dan Perindustrian Drs. Ketut Suparto, MMA menyampaikan bahwa peringatan HUT Dekranas Ke-38 mengambil tema “Kita Bangun Daya Saing Produk Industri Kreatif Buleleng Menuju Pasar Global”. Hal ini dikaitkan dengan kondisi industri kreatif Buleleng yang relatif memiliki daya tahan di tengah persaingan pasar global. Agenda ini juga dimaksudkan sebagai ajang sharing informasi antar pelaku usaha kerajinan, silaturahmi pengurus Dekranas Buleleng, serta sebagai wadah pengenalan produk IKM Buleleng.

Dalam kesempatan berikutnya, Ketua Dekranas Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana mengemukakan beberapa upaya promosi produk IKM di Buleleng, diantaranya adalah pelatihan pemasaran media online dan teknik fotografi, selain itu dari Kementerian Perindustrian RI juga sudah memberikan workshop tentang peningkatan kualitas produk dan mendatangkan narasumber dari pelaku IKM sukses yang memberikan motivasi dan tips-tips dalam menumbuhkan jiwa kreatif agar produk tetap mendapatkan tempat di hati konsumen.

Bupati Buleleng sambutannya juga menegaskan komitmen Pemkab Buleleng untuk senantiasa memberikan ruang kepada para pelaku IKM di Kabupaten Buleleng dalam berbagai event sebagai upaya promosi produk andalan menuju persaingan pasar global. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan, mempromosikan dan memasarkan hasil produk IKM Buleleng.