(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

KONSULTASI PUBLIK RKPD KABUPATEN BULELENG TAHUN 2019 DAN PEMBUKAAN MUSRENBANG KECAMATAN TAHUN 2018

Admin bappeda | 22 Februari 2018 | 452 kali

 

BAPPEDA LITBANG | Kamis, 22 Februari 2018

Bertempat di Gedung Pertemuan Mr. I Gusti Ketut Pudja, Kawasan Eks Pelabuhan Buleleng, Singaraja, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST membuka secara resmi Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Buleleng Tahun 2019, yang dirangkaikan dengan Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan se-Kabupaten Buleleng Tahun 2018.

Konsultasi Publik ini dihadiri oleh Wakil Bupati Buleleng, Forkopimda Buleleng, segenap jajaran ASN lingkup Pemkab Buleleng, dan juga seluruh pemangku kepentingan pembangunan atau elemen masyarakat, mulai dari Camat, Lurah/Perbekel, BPD, perangkat desa, PKK, Swasta, Organisasi Kepemudaan, Wartawan, dan unsur lainnya yang berkepentingan.

Dalam laporannya, Ketua Panitia sekaligus Kepala Bappeda Litbang Buleleng Ir. Gde Darmaja, MSi menyampaikan bahwa Konsultasi Publik RKPD ini merupakan amanat dari seperangkat peraturan perundang-undangan, mulai dari UU No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) beserta turunannya, hingga kepada Permendagri No. 86 Tahun 2017. Satu hal yang merupakan dinamika peraturan adalah bahwa Forum Konsultasi Publik dilakukan di awal, yaitu sebelum pelaksanaan Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Kabupaten. Forum ini juga merupakan salah satu mekanisme perencanaan partisipatif, dimana audience atau peserta dapat memberikan saran dan masukan demi penyempurnaan RKPD 2019, sekaligus perbaikan pelaksanaan pembangunan daerah di Kabupaten Buleleng, untuk menuju Buleleng yang Mandiri, Sejahtera, dan Berdaya Saing dengan berlandaskan Tri Hita Karana.

Tema RKPD Tahun 2019 sendiri adalah “Sinergitas Antar Sektor Guna Mendukung Pembangunan Pertanian untuk Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas”. Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa rumusan tema pembangunan ini telah dikaji matang dan diselaraskan dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan RKPD Provinsi Bali Tahun 2019 sebagai perwujudan perencanaan yang sinergi antar pusat-provinsi-daerah. Konsultasi Publik ini juga dirangkaikan dengan Pembukaan Musrenbang Kecamatan se-Kabupaten Buleleng Tahun 2018 untuk perencanaan tahun 2019.

Setelah laporan Ketua Panitia, maka Bupati Buleleng berkesempatan memberikan arahannya.