(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Laporan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri dalam Kortekrenbang tahun 2018 Regional I

Admin bappeda | 27 Februari 2018 | 354 kali

Yogyakarta, 27/2/2018, bertempat di Rich Jogja Hotel dilangsungkan pembukaan Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Kortekrengbang) 2018 Regional I. Pembukaan Kortekrenbang tahun 2018 Regional I diawali dengan laporan oleh Ir. Diah Indrajati, M.Sc dari Ditjen Bina Bangda Kemendagri. Dalam laporannya, disampaikan bahwa Kortekrengbang ini dilandasi oleh Pasal 258 dan Pasal 259 Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Tema dari Kortekrenbang 2018 ini adalah “Melalui Kortekrenbang, Kita Wujudkan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Daerah yang Efektif dalam Pencapaian Target Akhir Nawacita”.

Dilaporkan juga bahwa peserta Kortekrenbang 2018 terdiri dari peserta pusat antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, dan kementerian/lembaga pemerintah non kementerian dan peserta daerah antara lain sekretaris daerah,  Bappeda, dan perangkat daerah yang membidangi urusan pemerintahan.

Selanjutnya, Ir. Diah Indrajati, M.Sc  menyampaikan bahwa Kortekrenbang 2018 merupakan koordinasi dari Kemendagri dengan Kementerian PPN/Bappenas. Kemendagri berfungsi sebagai pembinaan dan pengawasan, sedangkan PPN/Bappenas berfungsi untuk mengawal program prioritas nasional. Koordinasi Kemendagri dan PPN/Bappenas ini bertujuan untuk menyelesaikan pencapaian target Nawacita. Selain itu, Diah juga mengatakan bahwa penyelenggaraan Kortekrenbang 2018 dilaksanakan sebagai rangkaian penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2019 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019.

Terakhir, dalam sambutan laporannya, Ir. Diah Indrajati, M.Sc mengucapkan selamat datang kepada para peserta Kortekrengbang 2018, dan berharap agar pelaksanaan Kortekrengbang ini berjalan dengan baik seperti pertunjukan tari Hanuraga pada awal pembukaan Kortekrengbang 2018 dimana tari Hanuraga ini bermakna iringan gending yang indah dan gerakan yang gemulai sebagai ungkapan selamat datang kepada para peserta Kortekrenbang dan juga agar acara ini berjalan sukses dengan lancar.