(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

LAPORAN KETUA PANITIA BULELENG ENDEK CARNAVAL DAN PAWAI PEMBANGUNAN TAHUN 2018

Admin bappeda | 06 Agustus 2018 | 466 kali

Minggu (5/8), bertempat Jl. Ngurah Rai, tepatnya di depan SDN 1 Banjar Jawa, digelar Buleleng Endek Carnaval (BEC) dan Pawai Pembangunan Tahun 2018. Dalam sambutannya, Ketua Panitia BEC dan Pawai Pembangunan Tahun 2018, Ir. Gde Darmana melaporkan bahwa penyelenggaraan BEC tahun ini mengambil tema “North Bali Rainbow” atau Pelangi Bali Utara. Dijelaskannya bahwa legenda kuno menyebutkan bahwa pelangi adalah selendang para bidadari yang terbentang dari surga ke bumi, dengan warna warni yang sangat menawan, sungguh indah warna-warni dari merah terspektrum sampai ke ungu. Dari analogi ini thema BEC mengalir dalam per-endek-an, dengan harapan endek menjadi kebanggan masyarakat untuk menggunakannya.

          Darmaja, yang menjabat sebagai Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng juga menyatakan bahwa tujuan penyelenggaraan BEC yang dirangkai dengan Pawai Pembangunan adalah: (1) Memantapkan penggalian, pelestarian, pengembangan, dan kreatifitas para pengerajin dan designer per-endek-an; (2) Meningkatkan kecintaan terhadap produk lokal yang adiluhung; dan (3) Lebih mengenalkan potensi unggulan dan kreatifitas kecamatan.

Route yang dilalui dalam BEC adalah start dan menyusuri Jl. Ngurah Rai, Jl. Pramuka, Jl. Ahmad Yani, dan finish di Jl. Dewi Sartika. Peserta yang terlibat pada kegiatan ini seluruhnya berasal dari Kabupaten Buleleng, untuk memberikan ruang kepada masyarakat lokal berkreasi, yakni sebanyak 26 peserta, yang terdiri dari perajin endek, designer, sekolah, kecamatan, beberapa OPD dan komunitas. Selain menampilkan keanekaragaman endek, hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai serta potensi yang dimiliki akan ditampilkan dalam acara ini.

Pada akhir sambutannya, Darmaja mengucapkan  terima kasih yang tiada hingga kepada semua pihak  yang telah mendukung terlaksananya acara ini.  Izinkan pula kami menyampaikan permohonan maaf, apabila dalam acara ini terdapat sesuatu hal yang kurang berkenan  dihati hadirin dan masyarakat  Buleleng pada umumnya. Dan, semoga acara ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Buleleng yang kita cintai.