(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

MUSRENBANG NASIONAL 2014

Admin bappeda | 01 Mei 2014 | 1085 kali

Rabu 30 April 2014, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Ruang Birawa, Menara Bidakara Jakarta, Dalam acara ini Presiden  memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi Musrenbangnas tahun 2014, setelah mendengarkan paparan mengenai rancangan RKP 2015 yang dilaporkan oleh Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, dilanjutkan dengan penyerahan buku “Pencapaian Kinerja Pembangunan Kabinet Indonesia Bersatu I (2004-2009) dan KIB II (2009-2014).

Selain itu, Musrenbangnas menyajikan sidang pleno I yang membahas empat tema : Pertama, terkait rencana dan kebijakan pembangunan di 2015 oleh Kepala Bappenas. Kedua, penguatan pemerintahan daerah dalam mendukung pembangunan 2015 oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi. Ketiga, kebijakan fiskal dan kualitas pelaksanaan anggaran 2015 dari Menteri Keuangan Chatib Basri dan keempat, pengendalian inflasi daerah dari Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo.

Selanjutnya sidang pleno II yang menyuguhkan dialog interaktif dengan menghadirkan para direktur utama (dirut) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam tema “Breakthrough : Solusi Percepatan Pembangunan Infrastruktur”.

Pejabat perusahaan  itu, antara lain Dirut PT Pelindo II (Persero) RJ Lino, Dirut PT Angkasa Pura I (Persero) Tommy Soetomo, Dirut PT Jasa Marga Tbk Adityawarman, Dirut PT PLN (Persero) Nur Pamudji, Dirut PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Gatot M Suwono dan Kepala BPN Hendarman Supandji.

Dalam sesi terakhir, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Azwar Abubakar memberi penghargaan inovasi pelayanan publik dan peluncuran buku “Peta Jalan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Bidang Ketenagakerjaan” oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

Di akhir acara, Musrenbangnas 2014 ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden Boediono