(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

PAPARAN BAPPEDA LITBANG PROVINSI BALI DALAM MUSRENBANG RKPD KABUPATEN BULELENG TAHUN 2018

Admin bappeda | 06 April 2018 | 285 kali

Bertempat di Banyualit Spa n Resort, pada 5 April 2018, Bappeda Litbang Provinsi Bali menghadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Buleleng Tahun 2018. Dalam kesempatan ini, Bappeda Litbang Provinsi Bali berkenan memberikan pemaparan. Pemaparan ini diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan Bappeda Litbang Provinsi Bali, I Wayan Eka Wiyatha, SE., M.Si.

          Pada awal pemaparannya, Bappeda Litbang Provinsi Bali memiliki tujuan mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka: peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik, dan daya saing daerah. Selanjutnya, Wiyatha menyampaikan arah kebijakan provinsi Bali sebagai berikut: (1) Meningkatkan akses pendidikan dan mengimplementasikan sistem pendidikan, disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja; (2) Mengembangkan upaya-upaya preventif, promotif, kuratif yang seimbang dan berkesinambungan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat; (3) Meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan; (4) Meningkatkan peran lembaga adat dalam mengembangkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal;  (5) Mengintensifkan pelaksanaan tata kelola kepemerintahan yang baik; (6) Mengendalikan  tingginya  pertumbuhan  penduduk  dan  ketimpangan sebaran penduduk antar Kabupaten/Kota; (7) Memantapkan Penataan ruang, pengendalian lingkungan hidup, dan pengelolaan bencana; (8) Meningkatkan ketentraman, ketertiban dan keamanan; (9) Meningkatkan pengembangan pariwisata budaya dan ekonomi kreatif; (10) Meningkatkan investasi, mengembangkan industri kecil, koperasi dan UMKM; (11) Menanggulangi kemiskinan dan mengurangi pengangguran; (12) Mengembangkan Infrastruktur; dan (13) Mempercepat peningkatan produksi pertanian dalam memantapkan ketahanan pangan daerah serta meningkatkan pendapatan petani.

          Wiyatha menyatakan juga bahwa Buleleng  adalah  salah  satu  pusat  kegiatan wilayah  dengan  kawasan  perkotaan  Singaraja. Oleh karena itu, Wiyatha menyatakan “Dari Buleleng Membangun Bali” dan “Pembangunan Bali Untuk Masyarakat Buleleng”. Pada akhir paparannya, Wiyatha menyatakan bahwa prioritas pembangunan daerah rancangan awal RKPD tahun 2019 adalah: (1) Pembangunan Manusia melalui Peningkatan Pelayanan Dasar, (2) Pengurangan Kesenjangan Antar Wilayah melalui Pengembangan Infrastruktur dan Pelestarian Lingkungan, (3) Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi melalui Pertanian, Pariwisata, Industri Kreatif dan Jasa Produktif, (4) Menjaga Ketentraman dan Ketertiban serta Pelestarian Adat dan Budaya, dan (5) Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan dan Birokrasi yang Berkualitas.

Download disini