(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

PAPARAN DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN BULELENG DALAM MUSRENBANG RKPD KABUPATEN BULELENG TAHUN 2018

Admin bappeda | 07 April 2018 | 543 kali

 

Bertempat di Banyualit Spa n Resort, pada 5 April 2018, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Buleleng menghadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Buleleng Tahun 2018. Dalam kesempatan ini, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Buleleng berkenan memberikan pemaparan.

          Pertama-tama disampaikan bahwa terdapat beberapa isu strategis yang dirangkum oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Buleleng, yaitu: (1) Adanya beberapa pasar kondisi rusak, (2) Adanya UTTP  yang tidak memenuhi  standar dan tidak tertib niaga, dan (3) Kurangnya kualitas  IKM. Kondisi yang ingin diwujudkan (kinerja)/tujuan/sasaran strategis adalah: (1) Peningkatan sarana dan prasarana perdagangan, (2) Meningkatkan pengawasan terhadap UTTP dan Tertib Niaga, dan (3) Meningkatnya IKM yang berkualitas.

          Upaya peningkatan  tersebut  dapat melalui  peningkatan peluang pasar, atau pengembangan  fasilitas  yang bersifat  fisik. Di satu sisi, laju sektor perdagangan yang begitu pesat menuntut pengawasan yang lebih seksama agar perkembangan usaha yang ada dapat sejalan dengan aturan-aturan  yang berlaku. Selain itu pembangunan industri kecil diharapkan dapat memperluas  kesempatan berusaha dengan menumbuhkan wirausaha baru, yang pada  akhirnya  dapat mendorong laju perekonomian daerah.

Program prioritas tahun 2019 Dinas Perdagangan dan Perindustrian  Kabupaten Buleleng, untuk urusan perindustrian adalah: (1) Program Perlindungan Konsumen dan Pengamanan Perdagangan, (2) Program Pembinaan pedagang kaki lima dan asongan, (3) Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Perdagangan. Untuk urusan Perdagangan, program prioritasnya adalah: (1) Program Pengembangan Industri Kecil dan Menengah, (2) Program Penataan Struktur Industri, (3) Program Peningkatan Kemampuan Teknologi Industri, dan (4) Program Pengembangan Sentra-sentra Industri Potensial.

Download disini