(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

PAPARAN RENCANA KERJA DINAS KESEHATAN TAHUN 2019 DALAM FORUM GABUNGAN PERANGKAT DAERAH KABUPATEN BULELENG TAHUN 2018

Admin bappeda | 20 Maret 2018 | 743 kali

Selasa, 20/3/2018, bertempat di Banyualit Spa n Resort, dalam Rapat Koordinasi Teknis Gabungan Perangkat Daerah, Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng memberikan kesempatan kepada perwakilan SKPD untuk memaparkan Rencana Kerja tahun 2019. Dalam kesempatan ini, Dinas Kesehatan ditunjuk untuk menyampaikan paparan.

                Dalam paparannya, Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kasubag Perencanaan, Putu Agus Hartawan,SKM.M.Kes menyatakan bahwa tujuan dari Dinas Kesehatan adalah dalam upaya untuk mencapai sasaran Kabupaten Buleleng yaitu Meningkatkan Status Kesehatan dan Kualitas Pelayanan Kesehatan, maka tujuan yang akan dicapai Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng yaitu:  “Meningkatnya Status Kesehatan”.

                Untuk mencapai tujuan tersebut, disampaikan bahwa indikator-indikator yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan adalah: 1) angka kematian ibu, 2) angka kematian bayi, 3) angka kematian neonatus, 4) angka kematian anak balita, dan 5) usia harapan hidup. Khusus untuk indikator usia harapan hidup, Agus menyatakan bahwa indikator ini tidak bisa dipenuhi targetnya oleh Dinas Kesehatan sendiri, namun memerlukan adanya sinergitas dari SKPD lainnya.

                Selain itu, sasaran Renstra Dinas Kesehatan adalah: 1) meningkatkan upaya kesehatan masyarakat dan 2) meningkatkan upaya kualitas pelayanan kesehatan. Pedoman Penyusunan Renja Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng merujuk pada: 1) RPJMD Kabupaten Buleleng, 2) Indikator Kinerja Kunci Bidang Kesehatan, 3) Indikator SPM Bidang Kesehatan, dan 4) Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng. Untuk mewujudkannya, Dinas Kesehatan memiliki 20 program prioritas.

                Agus juga menyatakan bahwa terdapat 32 usulan kegiatan Musrenbang Desa/Kelurahan Kabupaten Buleleng Tahun 2019. Namun, dari 32 usulan tersebut hanya 6 usulan kegiatan Musrenbang Desa/Kelurahan Tahun 2019 yang diajukan dari hasil mapping Dinas Kesehatan.