(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

PRESIDEN JOKOWI BUKA MUSRENBANGNAS RKP TAHUN 2019

Admin bappeda | 03 Mei 2018 | 678 kali

            Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng, Ir Gde Darmaja,M.Si dan Kasubag Perencanaan  hadiri pembukaan Musrenbang Nasional Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2019. yang  di buka oleh Presiden RI Joko Widodo  di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Hotel Jakarta, Senin (30/4).

            Pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), yang dihelat Kementerian PPN/Bappenas RI di Grand Sahid Jaya Jakarta (30/4 ’18), Presiden Joko Widodo menekankan agar Kementerian, Lembaga Negara, BUMN dan Pemerintah Daerah (K/L/D) jangan terjebak rutinitas, jangan bertele-tele dan jangan terlalu sibuk dengan hal hal yang tidak penting. “Fokus, fokus, perencanaan yang fokus, menentukan sasaran jangan banyak banyak. Cukup satu atau dua target sasaran tapi fokus dan jelas.
Dengan fokus akan mendorong efisiensi dan penyederhanaan prosedure. Dorong semuanya dengan pelayanan berbasis on line, “tegas Jokowi.

            Selain forum musyawarah pembangunan, sejak tahun 2011, Kementerian PPN/Bappenas secara rutin memberikan Anugerah Pangripta Nusantara kepada Pemerintah Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik. Namun, mulai 2018, penghargaan tersebut berubah nama menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah. Penilaian penghargaan tersebut kini lebih komprehensif dengan tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga pencapaian pembangunan daerah.

Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2018 diberikan kepada tiga provinsi terbaik, tiga kabupaten terbaik dan tiga kota terbaik. Penjurian dilakukan melalui proses berjenjang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan. Objek dan ruang lingkup penilaian mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.
“Penghargaan Pembangunan Daerah adalah bentuk apresiasi atas kerja keras daerah dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan. Saya berharap, penghargaan ini mampu mendorong setiap daerah, baik di tingkat provinsi, kabupaten, hingga kota, untuk berlomba-lomba menyiapkan dokumen RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan,” ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.