(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

SAMBUTAN BAPAK WAKIL BUPATI BULELENG DALAM MUSRENBANG RKPD KABUPATEN BULELENG TAHUN 2018

Admin bappeda | 06 April 2018 | 334 kali

Kamis (5/4), Musyawarah Perencanaan Pembangunan kabupaten Buleleng yang berlangsung di Hotel Banyualit Spa & Resort, Bapak Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG yang pada kesempatan ini mewakili Bapak Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST. yang sedang berhalangan hadir dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan musrenbang merupakan perencanaan dengan pendekatan partisipasif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. Pelibatan semua pihak dimaksudkan untuk menyerap aspirasi sesuai kebutuhan pembangunan serta untuk membangkitkan rasa memiliki (sense of belonging) terhadap hasil-hasil pembangunan. Disisi lain musrenbang juga merupakan wahana strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan tiga pilar pembangunan, yaitu pemerintah daerah (Eksekutif dan Legislatif), masyarakat, dan swasta.

            Keluaran musrenbang akan menjadi masukan yang sangat penting dalam rangka perumusan dan penyempurnaan draft Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Buleleng tahun 2019, yang selanjutnya akan dijadikan acuan/pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) tahun 2019 serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2019. Beliau juga mengatakan bahwa musrenbang ini merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir/aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan pemerintahan, baik yang merupakan urusan wajib maupun urusan pilihan serta yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral dari pemerintah atasan. Pemerintah kabupaten Buleleng berkomitmen untuk terus meningkatkan capaian kinerja pembangunan yang lebih berkualitas, sehingga visi, misi dan tujuan pembangunan Buleleng dapat kita wujudkan bersama. Pemberdayaan masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan adalah merupakan kebijakan pemerintah untuk menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan. Hal ini dikedepankan sejalan dengan Tema RKPD tahun 2019 yaitu "Sinergitas Antar Sektor Guna Mendukung Pembangunan Pertanian untuk Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas".

                Dengan lebih memfokuskan pembangunan sektor Pertanian, maka sumber daya/potensi yang ada akan dapat dioptimalkan pemanfaatanya melalui berbagai kegiatan yang diarahkan kepada Pertanian dalam arti luas yang didukung dengan infrastruktur yang memadai di wilayah Kabupaten Buleleng. Dengan demikian kinerja pembangunan wilayah Buleleng dapat meningkat. Pembangunan sektor pertanian ini akan berdampak positif pada penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya juga akan mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Diakhir sambutannya Bapak Wakil Bupati Buleleng ini secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan ucapan Selamat ualang tahun Kota SIngaraja ke 414, semoga dengan bertambahnya usia bertambah pula berkah dan rahmat yang dilimpahkan kepada kita semua guna menuju Buleleng SMILE yang menjadi tujuan dan harapan kita bersama.

Download disini