(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam Kortekrenbang 2018 Regional I

Admin bappeda | 28 Februari 2018 | 723 kali

Yogyakarta, 27/2/2018, bertempat di Rich Jogja Hotel dilangsungkan pembukaan Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Kortekrengbang) 2018. Pertama-tama, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X menyampaikan ucapan terima kasih karena DIY telah diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan Kortekrengbang 2018 Regional I. Selanjutnya, Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan bahwa Kortekrengbang ini memiliki arti yang sangat penting dalam proses menyelaraskan program pemerintah pusat dengan daerah agar tercapainya kesejahteraan rakyat.

Dalam sambutannya ini, Sri Sultan Hamengkubuwono X menganalogikannya sesuai dengan cerita pewayangan “Semar Mbangun Kahyangan”. Disampaikan bahwa dalam cerita ini, Semar dengan tiga pusakanya, yaitu Kalimasada, Payung Tunggulnaga dan Tombak Kalawelang merupakan simbol rakyat yang menghendaki para pemimpin utuk mengayomi rakyatnya. Makna dari cerita ini menurutnya adalah para pemimpin agar selalu mengasah ketajaman hati dan indra sehingga mampu menerjemahkan visi dan misi yang telah ditetapkan oleh para pemimpin.

Dalam akhir sambutannya, Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan bahwa semoga Kortekrengbang 2018 ini berjalan dengan lancar dan berharap pemerintah pusat dan pemerintah daerah mampu melakukan penyelarasan program-program yang akan diusulkan.