(0362) 21149
bappeda@bulelengkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

SEMARAK HUT KOTA SINGARAJA KE 414, BAPPEDA LITBANG IKUT BERPARTISIPASI DALAM LOMBA PENJOR HIAS.

Admin bappeda | 29 Maret 2018 | 697 kali

Sebanyak kurang lebih dari 50 tim dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Buleleng mengikuti lomba membuat penjor di Lapangan Taman Kota Singaraja, Kamis 29 Maret 2018. Lomba ini digelar serangkaian dengan HUT Kota Singaraja ke-414. Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng juga turut andil berpartisipasi dalam ajang lomba ini yang diwakilkan oleh, Ngurah Suparta, Putu Suartana, Eka Wira Darma, Komang Juniartha dan Putu Ariawan 

Tujuan di gelarnya lomba penjor ini sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa kreatifitas serta mempertahankan seni dan budaya Bali. Dengan lomba Penjor ini diharapkan mampu memberikan ruang kreatifitas serta upaya untuk mempertahankan budaya yang diwariskan kepada kita.
Di Bali, Penjor biasanya bisa ditemui saat Hari Raya Galungan. Sudah menjadi tradisi bagi desa-desa di Bali untuk memasang penjor di depan rumah sebagai bagian dari sarana upacara Galungan dan Kuningan. Penjor juga dipasang bilamana, ada masyarakat sedang melangsungkan ritual yadnya.

Penjor mempunyai makna kesejahteraan dan kemakmuran. Masyarakat Bali memasang penjor sebagai bentuk rasa syukur atas berkah kemakmuran hidup di alam semesta.